FAQ

TENTANG E-COURT

  • Apa itu e-court?

Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online (e-Filing), Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online dan Pembayaran secara online (e-Payment), serta Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik (e-Summons).

 

  • Siapa yang dapat menjadi pengguna terdaftar?

Saat ini e-Court baru diperuntukkan bagi Advokat sebagai pengguna terdaftar.

 

  • Bagaimana menjadi pengguna terdaftar?

Advokat harus melakukan registrasi terlebih dahulu melalui laman https://ecourt.mahkamahagung.go.id untuk mendapatkan akun pengguna terdaftar.

 

  • Jenis perkara apa saja yang sudah bisa didaftarkan melalui e-court?

Pada saat ini, hanya perkara gugatan saja yang bisa didaftarkan melalui e-court

LAYANAN E-COURT

  • Apa itu e-filling?

Pendaftaran perkara (e-filing) adalah pendaftaran perkara online yang dilakukan setelah pengguna terdaftar memilih Pengadilan dituju yang sudah aktif melakukan pelayanan e-court untuk mendaftar perkara. Semua berkas pendaftaran dikirim secara elektronik melalui aplikasi e-court Mahkamah Agung RI.

 

  • Apa itu e-payment?

E-payment adalah pembayaran panjar biaya perkara secara online. Pengguna terdaftar melakukan pembayaran panjar perkara langsung ke rekening virtual sebagai sarana pembayaran atas nama pengguna. Komponen biaya telah ditetapkan dan besaran biaya radius telah ditaksir sedemikian rupa dan menghasilkan elektronik SKUM (e-SKUM)

  • Apa itu e-summons?

Pemanggilan yang dilakukan secara elektronik oleh Pengadilan yang dituju oleh Pengguna Terdaftar.

PROSEDUR LAYANAN e-COURT

PENDAFTARAN PENGGUNA TERDAFTAR

  • Bagaimana Pendaftaran e-court dilakukan?

Klik Register Pengguna Terdaftar untuk Advokat yang belum pernah mendaftar pada laman https://ecourt.mahkamahagung.go.id

 

  • Apa saja syarat untuk menjadi Pengguna Terdaftar?

Advokat harus melakukan registrasi melalui laman https://ecourt.mahkamahagung.go.id dan mengunggah scan KTP, scan Berita Acara Sumpah, dan scan Kartu Tanda Advokat (KTA).

 

  • Bagaimana format dokumen yang dapat diunggah pada aplikasi e-court?

Dokumen dapat diunggah dengan format .pdf dan/atau .jpg dengan ukuran file maksimal 500 Kb

  • Apakah setelah registrasi pengguna terdaftar sudah bisa mendaftarkan perkaranya?

Belum bisa, Advokat harus menunggu verifikasi dan validasi oleh Pengadilan Tinggi dimana Advokat disumpah terlebih dahulu.

  • Apakah proses registrasi akun pengguna e-court dikenai biaya?

Tidak ada biaya apapun untuk registrasi akun pengguna e-court

  • Apakah akun pengguna e-court memiliki masa berlaku?

Masa berlaku pengguna aplikasi e-court berakhir apabila keanggotaan pada organisasi advokat berakhir

PENDAFTARAN GUGATAN (e-FILING)

  • Bagaimana cara melakukan pendaftaran melalui e-court bagi pengguna Terdaftar?
  • Pertama login ke aplikasi e-court https://ecourt.mahkamahagung.go.id
  • Kemudian mengisi data advokat
  • Mengupload dokumen

 

  • Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan perkara pada Pengadilan?
  • Surat Kuasa Format .pdf atau .jpg dengan resolusi maksimal 10 Mb
  • Gugatan Format Word dan PDF maksimal 10 Mb

 

  • Apa yang terjadi apabila saya ternyata salah mengunggah dokumen ke aplikasi e-court? Dapatkah saya menarik kembali dokumen yang telah diunggah?

Klik edit pada bagian dokumen yang di upload dan unggah data yang benar.

 

  • Apa keuntungan melakukan pendaftaran perkara secara online melalui e-court?
  1. Menghemat biaya
  2. Melakukan Pembayaran Biaya Panjar yang dapat dilakukan dari berbagai metode pembayaran dari baNK
  3. Dokumen terarsip secara baik dan dapat diakses dari berbagai lokasi dan media
  4. Proses temu kembali data yang lebih cepat

PEMANGGILAN ELEKTRONIK (e-SUMMONS)

  • Apakah tergugat untuk panggilan pertama dilakukan secara elektronik?

Untuk Panggilan Elektronik hanya dilakukan kepada Pihak Penggugat, sedangkan Tergugat Panggilan Pertama dilakukan melalui Jurusita Pengadilan.

  • Apakah panggilan elektronik dikenakan biaya?

Tidak ada biaya

  • Panggilan elektronik dilakukan melalui apa?

Panggilan elektronik akan dikirim melalui domisili elektronik Pihak (email terdaftar).

  • Apakah panggilan tergugat yang berada di luar negeri bisa dilakukan secara elektronik?

Panggilan luar negeri diatur dalam Sistem Rogatory Kementrian Luar Negeri yang bekerja sama dengan Mahkamah Agung. Secara detil dapat dilihat pada website http://rogatori.kemlu.go.id/

  • Bagaimana panggilan elektronik dilakukan?

Panggilan elektronik dilakukan oleh Jurusita Pengadilan dengan mengirimkan Surat Panggilan Elektronik ke alamat domisili elektronik pihak Penggugat maupun Tergugat.